[Movie Review] Crazy Rich Asians – Kisah Cinta “Si Orang Kaya”

Release date : 15 August 2018
Genre : Comedy, Romance
Producer : John Penotti, Brad Simpson, Nina Jacobson
Director : Jon M. Chu
Writer : Peter Chiarelli, Adele Lim
Production : Warner Bros. Pictures
Casts : Constance Wu, Henry Golding, Gemma Chan, Lisa Lu, Awkwafina, Ken Jeong, Michelle Yeoh

Crazy Rich Asians kalau diterjemahkan secara sembarang bisa diartikan orang asia yang kaya raya melintir 😀 mengingatkan saya akan tweets yang sempat heboh beberapa waktu lalu tentang seorang mantan asisten salah satu orang terkaya di Indonesia. Di tweets nya dia bercerita tentang gaya hidup majikannya yang dia sebut dengan istilah “Old Money”. Film ini juga mengangkat tentang kehidupan orang-orang kaya di Asia tetapi lebih menitik beratkan tentang kehidupan percintaanya. Apakah bagus? Baca aja review nya sampai selesai 😀
Kisah cinta si kaya dan tidak kaya
Film ini bercerita tentang seorang profesor ekonomi, Rachel Chu (Constance Wu) diajak kekasihnya yang bernama Nick Young (Henry Golding) ke Singapura. Kekasihnya menyatakan untuk datang dalam pernikahan sahabatnya sekaligus mengenalkan Rachel kepada beberapa orang. Namun, selama ini Rachel Chu tak menyadari bahwa kekasihnya adalah orang kaya raya di Asia yang diinginkan oleh banyak wanita. Semuanya mulai rumit ketika ibu dari kekasihnya (Michelle Yeoh) seolah tak setuju dengan pernikahan tersebut.
Michelle Yeoh, Constance Wu, and Henry Golding in Crazy Rich Asians (2018)
Ibu kaya yang tidak ingin anaknya nikah dengan wanita biasa. Kok jadi inget Sancai dan Daoming se ya ? 😀
Jika dibaca sepintas film ini mempunyai plot yang sangat sederhana. Seorang wanita tidak kaya yang pacaran dengan laki-laki kaya raya dan tidak disetujui oleh ibunya. Mengingatkan akan plot-plot sinetron receh Indonesia. Tapi tenang, kalian tidak akan mendapati drama percintaan receh dengan adegan marah-marah dan ngomong didalam hati. Jon M. Chu sang sutradara mampu mengemas film yang diangkat dari novel berjudul sama ini menjadi film yang sedap untuk ditonton.
Remy Hii, Chris Pang, Jimmy O. Yang, Ronny Chieng, and Henry Golding in Crazy Rich Asians (2018)
Crazy Rich Asian bisa juga diterjemahkan orang Asia Kaya yang gila, emang karena kelakuannya gila 😀
Lupakan perbandingan dari versi novel nya karena saya sendiri tidak membaca novel nya 😀 . Menurut saya hal keren dari film ini selain sinematografi yang kece banget adalah penokohan yang dibawakan dengan sangat pas oleh setiap aktor dan aktrisnya. Satu spotlight khusus saya berikan ke Awkwafina atas perannya sebagai teman kuliah Rachel,  Peik Lin Goh yang swag abis. Dengan joke-joke nya mampu membuat saya ngakak sepanjang film. Bagaimana dengan Michelle Yeoh sebagai Eleanor? Sayangnya saya ngerasa biasa aja. Ekspektasi saya akan acting aktris kawakan ini tidak terlalu terpenuhi walaupun dia tampil tidak buruk-buruk amat di film ini.
Awkwafina emang kocak banget di film ini
Seperti yang saya tulis di atas, sinematografi film ini kece banget. Bersetting di Singapura, kota yang sudah indah jika dikunjungi secara langsung itu tampak 2x lebih keren di film ini. Tempat-tempat ikonik seperti Merlion Park, Gardens by The Bay hingga Marina Bay tampak sangat memanjakan mata. Salah satu scene pernikahan yang ada di film ini bahkan boleh saya nilai sebagai scene pernikahan terindah yang ada di sebuah film. Ditambah lagi beberapa soundtrack yang ear catching dan beberapa familiar di kuping saya 😀
Michelle Yeoh, Lisa Lu, and Constance Wu in Crazy Rich Asians (2018)
Salah satu scene pernikahan terindah yang pernah saya tonton
Untuk kalian yang mencari drama romantis yang kuat secara cerita, penokohan yang pas, komedi yang fresh dan audio visual yang memanjakan telinga dan mata, film ini wajib ditonton. Selain itu film ini tidak hanya bercerita tentang cinta-cintaan saja tetapi mengajarkan arti keluarga dan kepatuhan anak ke orang tua yang merupakan kultur asli orang asia. Saya beri nilai 8/10 untuk film ini.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *